Yayasan BUMN Untuk Indonesia Berikan Bantuan Kemanusiaan berupa Ventilator Kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd,. M.Si menerima bantuan berupa hibah alat ventilator dari Yayasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk Indonesia di Jakarta pada 29 November 2023.

Alat kesehatan (alkes) tersebut diperuntukkan bagi Rumah Sakit Daerah (RSD) dr. Soemarno Sostroatmodjo, Tanjung Selor. Di sini, Bupati mengucapkan terima kasih pada Yayasan BUMN yang telah memberikan hibah ventilator itu, karena dinilai sangat bermanfaat bagi rumah sakit di ibu kota Kalimantan Utara (Kaltara) ini.

Bupati mengatakan, ventilator merupakan alat yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan. Alat ini seringkali dibutuhkan pasien yang tidak bisa bernapas secara mandiri atau kesulitan bernapas, baik karena penyakit atau cidera parah. Penggunaan alat ini agar pasien mendapat asupan oksigen yang cukup.

“Dengan diterimanya hibah alat ventilator ini, maka semakin bertambah kelengkapan peralatan medis rumah sakit kita. Tentu kita berharap dengan diterimanya bantuan ini, pelayanan rumah sakit dapat terus meningkat,” ujar Bupati.

Adapun Yayasan BUMN untuk Indonesia ini dibentuk di bawah naungan Kementrian BUMN pada 31 Desember 2018. Tujuannya untuk memberikan pelayanan dan bantuan yang optimal diberbagai wilayah Indonesia, terkhusus wilayah terluar, terdepan di perbatasan negara.

“Hibah alat yang diberikan merupakan hasil kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat pada saat penanganan pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Alat tersebut, nantinya juga dapat digunakan untuk penanganan permasalahan medis berkaitan dengan saluran pernapasan baik pasien dewasa maupun anak-anak.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bulungan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas hibah ventilator yang diberikan oleh Yayasan BUMN pada RSD dr. Soemarno Sostroatmodjo ini,” katanya.

Bupati kembali menegaskan, RSD harus terus berbenah dalam pelayanan masyarakat. Selain itu, dirinya berharap ada jalinan sinergisitas berkelanjutan antara Pemkab Bulungan dengan Yayasan BUMN untuk Indonesia.

Menurutnya, konsep pentahelix yang diimplementasikan dalam program prioritas Mitra Bulungan Berdaulat (MBB) merupakan ‘payung’ dalam upaya merealisasikan kerja sama lebih lanjut antara pemerintah kabupaten dengan Yayasan BUMN untuk Indonesia. (iwk)