Yayasan BUMN Salurkan Bantuan Tahap Dua Tanggap Bencana Siklon Tropis Seroja NTT

 

Bencana alam dampak siklon tropis seroja yang melanda pada 4 April 2021 di Nusa Tenggara Timur berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) NTT per 29 April, telah mengakibatkan 182 korban meninggal dunia.

Adapun total pengungsi sebanyak 84.876 jiwa, tersebar di 63 titik pada 10 kabupaten dan kota. Tercatat fasilitas umum rusak 3.494 dari 22 Kabupaten dan kota terdampak.

Dalam rangka tanggap darurat bencana serta membantu pemulihan korban terdampak, Ketua Yayasan BUMN Harjawan Balaningrath menyerahkan bantuan tahap dua, yakni bantuan logistik, pembiayaan renovasi 4 sekolah, dan 1 tempat ibadah kepada Sekretaris daerah NTT, Benediktus Polo Maing di Aula El Tari, Kantor Gubernur NTT, Rabu (29/4/2021).

Dalam penyerahan bantuan tersebut dihadiri juga oleh Sulung Raspati, Direktur Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Agus Kristiyono, Staf Ahli Yayasan BUMN, Isyak Nuka, Kepala BPBD Prov NTT Linus Lusi, S. Pd, M. Pd, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Prov NTT.

Diketahui sebelumnya Yayasan BUMN telah mengirimkan bantuan logistik berupa 2 ton beras, 100 dus mie instant, minyak goreng 100 liter, dan tenda pleton 5 unit pada Kamis, 8 April 2021.

Bantuan logistik tersebut bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL). Dan diberangkatkan menggunakan KRI Semarang 594 dengan titik awal JICT 2 Tanjung Priok dan tiba di lokasi titik akhir Pelabuhan Lewoleba, NTT, Kab. Lewata pada 17 April 2021.

Penyerahan bantuan ini merupakan hasil gabungan antara Yayasan BUMN beserta PT Cikarang Listrindo, dan Dharma Wanita Persatuan Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia.

Rincian bantuan logistik, pemulihan sekolah, dan tempat ibadah tersebut diantaranya :

  1. Tenda Pleton 4 unit
  2. Obat-obatan 12 Dus
  3. Masker 10.000 pcs ( 8.000 dewasa & 2.000 anak-anak)
  4. Dana Tunai 100juta untuk Renovasi Rumah Ibadah terdampak
  5. Dana Tunai 400juta untuk Renovasi 4 Sekolah terdampak

Bantuan logistik tersebut dikirim melalui Kargo Garuda Indonesia pada tgl 27 April 2021. Sebagai bentuk dukungan PT Garuda Indonesia untuk mengirimkan bantuan ke Provinsi NTT. Dengan Rute Jakarta – Kupang.

Diagendakan bantuan ini akan didistribusikan oleh BPBD dibawah Komando Pemda untuk disalurkan ke daerah-daerah di luar wilayah Kupang menggunakan helikopter atau kapal laut.

Semoga dengan adanya penyerahan bantuan tahap kedua ini dari beberapa donatur terkait dapat membantu memulihkan sarana dan prasarana warga terdampak di NTT secara bertahap dan dapat disalurkan secara tepat sasaran.