Yayasan BUMN Hadir di Mentawai Bantu Perekonomian Masyarakat

Tim Yayasan BUMN bersama Pemkab Mentawai.

MENTAWAI – Yayasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam dua tahun keberadaannya, telah menelusuri berbagai daerah 3 T (Terdepan, Terluar, Terkecil) di Indonesia, dan salah satunya adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Yayasan BUMN, Harjawan Balaningrath memimpin langsung tim Yayasan BUMN ke Kabupaten Mentawai persis para peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke – 75 RI. Pada peringatan HUT ke-74 RI tahun lalu, Yayasan BUMN berada di Kabupaten Kepulauan Miangas yang berada di Provinsi Sulawesi Utara.

Kehadiran Yayasan BUMN di Kepulauan Mentawai memberikan perhatian dalam berbagai sisi antara lain Sosial, Kemanusiaan dan Keagamaan.  “Kami melangkah dengan visi dan misi untuk daerah 3T yakni terdepan, terluar dan terkecil,” kata  Ketua Yayasan BUMN, Harjawan Balaningrath kepada Wartawan, di Mentawai . Sabtu, 15 Agustus 2020.

Kehadiran Yayasan BUMN di Mentawai bertepatan dengan pandemi Covid-19, sehingga Yayasan BUMN berkesempatan melakukan aksi nyata bagi masyarakat Mentawai antara lain dengan membagikan 5.000 masker, sekaligus menjelaskan tentang protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak.

Yayasan BUMN sebelumnya melalui  Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet memberikan bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM). Bantuan yang diberikan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 masing-masing dua set, yitu pengolahan minyak kelapa dan pengolahan pangan komoditas lokal seperti pisang dan keladi.

Bantuan tersebut merupakan hasil diskusi dengan Pemkab Mentawai, dan diberikan kepada UMKM. Tidak hanya alat yang diberiakn, namun Yaysan BUMN juga akan membantu dalam melakukan pemasaran produk, yang nantinya dapat dilakukan melalui pemesanan langsung kepada UMKM yang ada.

Melimpahnya produksi kelapa di Mentawai  diharapkan bisa memproduksi Virgin Coconut Oil (VCO), minyak kelapa yang diproduksi bisa digunakan untuk menggoreng kripik pisang dan keladi dan setelah dikemas, bisa dibantu pemasarannya.

Selain bantuan kepada UMKM, Yayasan BUMN juga memberikan bantuan kepada masyarakat berupa 2.000 kelambu.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet mengucapkan terimakasih kepada Mentri BUMN, Erick Thohir dan Ketua Yayasan BUMN serta Tim yang telah berkunjung dan memberikan perhatian terhadap Mentawai.

Dikatakan, penguatan ekonomi sudah saatnya dilakukan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini. Apalagi pertumbuhan ekonomi sangat mempengaruhi perkembangan Pariwisata di suatu wilayah, termasuk tentunya di Mentawai. YBUMN