Wapres Ma’ruf Amin Lantik Erick Thohir Jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah periode 2021-2023

Menteri BUMN Erick Thohir resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk periode waktu 1442-1445 Hijriah, atau pada rentang waktu 2021-2023.

Pelantikan Erick Thohir sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat MES tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat MES, Ma’ruf Amin secara virtual, Senin (22/3/2021).

“Alhamdulillah baru saja kita mengikuti prosesi pelantikan pengurus pusat Masyarakat Ekonomi Syariah periode 2021-2023. Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin berharap, Erick Thohir dan seluruh anggota pengurus pusat Masyarakat Ekonomi Syariah bisa menjalankan tugas dan peranannya dalam mengantar kejayaan ekonomi syariah di Indonesia.

“Wujudkan cita-cita pembangunan ekonomi syariah tentu saja tidak dapat dilakukan satu/dua pihak saja, tapi harus berjamaah dan saling tolong menolong,” imbuh dia

Pengurus MES, kata Erick, siap menjalankan arahan Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap untuk segera menyusun rencana program kerja yang efektif, solutif, dan berdampak besar.

Erick mengatakan peran penting sektor keuangan dan perbankan Syariah yang memiliki daya tahan dalam menghadapi berbagai situasi krisis. Menurut Erick, kehadiran sebuah ekosistem ekonomi syariah merupakan keharusan mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

“Kita berkaca dari situasi krisis sebelumnya, terbukti sektor ekonomi syariah memiliki kekuatan besar dalam menghadapi krisis tersebut,” paparnya.

Selain Erick Thohir, sejumlah menteri dan pejabat negara juga turut dilantik sebagai Badan Pengurus Harian Pengurus Pusat MES. Antara lain Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, hingga Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi.