Vaksin Sinovac Efektif 78% dalam Uji Coba di Brazil

Hasil uji coba tahap akhir untuk Vaksin eksperimental CoronaVac yang dikembangkan China Sinovac Biotech Ltd di Brasil menunjukkan keefektifan 78 persen melawan Covid-19.

Selisih 17 persen dari kandidat vaksin mRNA Pfizer dan Moderna yang tingkat efektivitasnya sekitar 95 persen.

Ini adalah hasil paling akurat setelah data sebelumnya memicu kebingungan dan keraguan.

Data yang dikonfirmasi oleh pejabat negara bagian Sao Paulo merujuk pada hasil uji klinis Sinovac di Brasil yang melibatkan sekitar 13.000 peserta.

Menurut Dimas Covas, direktur Butantan Institute yang bermitra dengan Sinovac untuk melakukan vaksinasi mengatakan, vaksin itu 78 persen efektif dalam mencegah kasus ringan Covid-19 dan 100 persen efektif melawan infeksi parah dan sedang.

Sinovac dapat membuat lebih dari 600 juta dosis setahun di fasilitas produksinya di China. Perusahaan mendapat pesanan dari negara-negara yang terlibat dalam uji coba vaksin, termasuk Brasil, Turki, dan Indonesia, dan juga akan memasok Singapura dan Hong Kong selain ke daratan Cina.

Vaksin Sinovac dan CNBG menggunakan versi virus korona yang tidak aktif untuk merangsang respons kekebalan tubuh.

Mereka dapat disimpan pada suhu lemari es (2 hingga 8 derajat Celcius), menjadikannya pilihan yang berpotensi lebih baik untuk distribusi dan penggunaan di negara berkembang daripada vaksin mRNA dari Pfizer dan Moderna yang membutuhkan pembekuan atau suhu lebih dingin.

(Sumber : Kompas.com)