Siaga Gunung Merapi

Aktivitas Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jogja masih cukup tinggi usai statusnya naik menjadi siaga atau level tiga sejak 5 November 2020 pukul 12:00 WIB.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat pada periode pengamatan Senin, (14/12/2020) pukul 00:00 hingga 06:00 WIB teramati asap kawah berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi.

Sebelumnya, pada periode pengamatan Minggu, (13/12/2020) pukul 18:00 hingga 24:00 WIB, terdengar suara guguran tiga kali dari Pos Babadan dengan intensitas lemah hingga keras.

Aktivitas terkini Gunung Merapi bisa dipantau secara realtime dengan cara mengakses live streaming yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube serta CCTV resmi BPPTKG. Kendati demikian, kata BPPTKG, data yang disiarkan lewat live Merapi adalah data mentah langsung dari stasiun pemantauan. Otomatis, data itu masih perlu diolah, dianalisis, dan diinterpretasi lebih lanjut oleh pengamat dan ahli gunung api di Badan Geologi.

Selanjutnya, data hasil pengamatan akan dilaporkan setiap pukul 00.00, 06.00, 12.00, dan 18.00 WIB. Laporan dapat diakses melalui laman https://magma.esdm.go.id atau melalui aplikasi android MAGMA Indonesia.

Menurut BPPTKG, layanan ini berguna untuk kepentingan pemantauan sinyal seismik dan visual Gunung Merapi serta untuk keperluan pendidikan. Masyarakat diminta tidak membuat analisis dan interpretasi sendiri dari data yang tersedia guna menghindari kekeliruan dan keresahan di masyarakat.