Bantu Cegah Covid-19, Yayasan BUMN Untuk Indonesia Mendapatkan Penghargaan PPKM Award 2023

Pemerintah memberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan berkontribusi terhadap penanganan Covid-19 dalam acara Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Award 2023 yang bertempat di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat (20/03). Dalam kesempatan ini, Presiden RI, Joko Widodo pun turut hadir beserta sebagian Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Yayasan BUMN Untuk Indonesia menjadi salah satu organisasi yang mendapatkan penghargaan piagam dari pemerintah. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi karena telah berkontribusi positif untuk masyarakat dan lingkungan dalam berjuang mengendalikan pandemi COVID-19. Penghargaan ini diterima oleh Ketua Yayasan BUMN Untuk Indonesia, Harjawan Balaningrath dan Direktur Eksekutif Yayasan BUMN Untuk Indonesia, Syafuan.

Di tahun 2020, virus Covid-19 mulai tersebar luas diseluruh wilayah Indonesia. Atas arahan dari Presiden RI, Joko Widodo, tepat pada tanggal 23 Maret 2020, secara sigap Menteri BUMN RI, Erick Thohir, membuka Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Gedung Wisma Atlet Kemayoran yang dirancang dapat menampung 3.000 pasien Covid-19 dan menunjuk Yayasan BUMN Untuk Indonesia untuk dapat mengelola operasional Gedung tersebut.

Untuk dapat terus bertahan melawan pandemi Covid-19, kolaborasi antara Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Pemerintah Provinsi, TNI, Polri serta Yayasan BUMN Untuk Indonesia, membuahkan Sentra Vaksinasi bersama BUMN, yang hadir di 6 Kota besar di Indonesia.

Keberadaan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN merupakan terobosan positif bagi masyarakat agar segera divaksin. Sentra Vaksinasi BUMN juga menjadi pioneer vaksinasi terpusat dengan jumlah peserta harian terbanyak pada saat itu. Dengan fokus utama yaitu lansia dan pelayan publik.

Uluran tangan pun datang dari berbagai pihak seperti para Donatur perusahaan swasta juga BUMN yang menyalurkan bantuan untuk penanganan Covid-19 mereka melalui Yayasan BUMN Untuk Indonesia.

Tak hanya dalam negeri, Negara Republik Indonesia melalui Yayasan BUMN Untuk Indonesia mendapatkan dukungan berupa penunjang alat kesehatan penangan Covid-19 dari pemerintah Amerika Serikat (AS), khususnya kota New York dan juga Negara Republik China.

“Yang jelas dibandingkan dengan rata-rata dunia, kita masuk negara yang berhasil menangani COVID ini. Di bulan Juni 2022, Dirjen WHO, Tedros Adhanom menyampaikan bahwa penanganan COVID-19 di Indonesia termasuk yang terbaik, dan cakupan vaksinasinya juga masuk yang terbaik,” ujar Jokowi dalam acara PPKM Award 2023.